Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas Pokok dan Fungsi

I. IDENTITAS JABATAN

  1. Nama Jabatan                  : Ketua Lembaga Pengembangan Profesi
  2. Unit Kerja                           : Lembaga Pengembangan Profesi
  3. Atasan Langsung             : Rektor UNPAB
  4. Bawahan Langsung         : Staff Administrasi Lembaga Pengembangan Profesi

II. FUNGSI

  • Mengkoordinasikan Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi civitas di Universitas Pembangunan Panca Budi.

III. SASARAN

  • Terbentuknya Sumber Daya Manusia yang mandiri dan mampu bersaing di Dunia Kerja baik tingkat Regional, Nasional maupun Internasional.


IV. TUJUAN JABATAN

  1. Meningkatkan kemampuan dan kualitas lulusan sesuai dengan program studi melalui Pelatihan Pengembangan Profesi baik Hartskill maupun softskilnya.
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas Pelatihan Pengembangan Profesi dalam bidang Softskill maupun Hardskill.
  3. Meningkatkan relevansi ilmu pengetahuan dan teknologi terapan yang inovatif dan mampu bersaing di dunia kerja bagi lulusan.
  4. Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Lulusan agar mampu bersaing dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Dunia Kerja baik tingkat Regional, Nasional, mapun Internasional.

V. URAIAN TUGAS POKOK

  1. Merencanakan dan menyusun program kerja dan Renstra Lembaga Pengembangan Profesi
  2. Membuat perencanaan budget anggaran Lembaga Pengembangan Profesi
  3. Menyusun Rencana Induk Pengembangan Profesi berdasarkan Road Map pengembangan Profesi berbasis IPTEKS.
  4. Mengorganisasikan Ketua Lembaga Pengembangan Profesi dalam melaksanakan tugas agar terjalin kerjasama yang baik.
  5. Membina bawahan di lingkungan LPPRO untuk meningkatkan kemampuan dan disiplin kerja.
  6. Menetapkan rumusan naskah kerjasama Pelatihan Pengembangan Profesi dengan instansi Pemerintah maupun swasta terkait di luar Universitas sebagai pedoman kerja.
  7. Menyusun laporan Lembaga Pengembangan Profesi sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
  8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

VI. INDIKATOR KERJA

  1. Mampu melaksanakan program yang telah direncanakan sebelumnya
  2. Mampu membuat terobosan yang tidak termasuk dalam rencana program
  3. Meningkatkan kemampuan Softkill dan Hardkill Mahasiswa sesuai dengan Visi dan Misi Universitas Pembangunan Panca Budi
  4. Mahasiswa memahami dan mampu mengimplementasikan Visi dan Misi Universitas Pembangunan Panca Budi.

VII. WEWENANG

  1. Memberikan perintah kerja kepada bawahan sesuai tupoksi kerja yang telah disepakati
  2. Menyusun dan menentukan bentuk pelatihan bagi mahasiswa semester I s/d VIII.
  3. Menyusun program dan jadwal pelaksanaan pelatihan mahasiswa
  4. Menentukan Mentor / Instruktur untuk kegiatan Pelatihan
  5. Membangun hubungan secara kelembagaan dengan instansi Pemerintah maupun swasta

VIII. HUBUNGAN KERJA

Internal :

  1. Direktur dan Sekretaris Pascasarjana
  2. Dekan dan Prodi Fakultas Hukum
  3. Dekan dan Prodi Fakultas Ekonomi
  4. Dekan dan Prodi Fakultas Teknik
  5. Dekan dan Prodi Fakultas Pertanian
  6. Dekan dan Prodi Fakultas Filsafat
  7. Dekan dan Prodi Fakultas Agama Islam
  8. Ka. Biro, Ka. Urusan dan Ka. Bidang.

Eksternal :

  1. Membangun hubungan kerja dengan Instansi Pemerintah dan Swasta untuk kegiatan pelatihan.
  2. Membangun hubungan dengan Mitra sejenis dan perorangan untuk pelaksanaan kegiatan pelatihan (sebagai mentor).

IX. KOMPETENSI

  1. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik
  2. Memiliki Jiwa Pemimpin
  3. Mampu bekerja dalam Team
  4. Memiliki Integritas yang baik

X. SYARAT JABATAN

  1. Berpendidikan Sarjana dalam segala bidang Ilmu.
  2. Memiliki pengalaman dibidang organisasi internal maupun eksternal.
  3. Menunjukkan komitmen dan dedikasi yang tinggi terhadap Lembaga.
  4. Secara tertulis bersedia dicalonkan atau mencalonkan menjadi Ketua LPPRO.
  5. Ada Rekomendasi/Izin dari Rektor atau Lembaga.

(0)
((0))
(((0)))
((((0))))
(((((0)))))
((((0))))
(((0)))
(0)

I. IDENTITAS JABATAN

  1. Nama Jabatan                : Sekretaris Lembaga Pengembangan Profesi
  2. Unit Kerja                         : Lembaga Pengembangan Profesi
  3. Atasan Langsung           : Ketua Lembaga Pengembangan Profesi
  4. Bawahan Langsung       : -

II. TUJUAN JABATAN

  1. Membantu Ketua LPPRO dalam menunjang kegiatan surat menyurat dan aktivitas kegiatan lain sebagai penunjang dalam kegiatan Pelatihan Pengembangan Profesi
  2. Membantu Ketua LPPRO dalam meningkatkan kegiatan administrasi yang berhubungan dengan kegiatan Pelatihan Pengembangan Profesi

III. URAIAN TUGAS POKOK

  1. Memeriksa konsep rencana dan program kerja tahunan Lembaga Pengembangan Profesi berdasarkan data dan informasi serta program kerja Universitas sebagai bahan masukan atasan.
  2. Menghimpun dan mengkaji pedoman pendataan dan sistem informasi di bidang Pelatihan Pengembangan Profesi.
  3. Memeriksa dan memperbaiki konsep surat keluar untuk ditetapkan oleh atasan.
  4. Memberi tugas/arahan kepada bagian administrasi dan kepala bagian pelaksanaan tugas.
  5. Mengevaluasi pelaksanaan tugas administrasi dan tata usaha LPPRO untuk mengetahui permasalahan dan penanggulangannya.
  6. Memonitor pelaksanaan kegiatan administrasi umum di lingkungan Lembaga Pengembangan Profesi agar berjalan sesuai dengan Prosedur Mutu.
  7. Memonitor pelaksanaan anggaran di lingkungan Lembaga Pengembangan Profesi agar sesuai dengan anggaran dalam program kerja.
  8. Memeriksa dan memperbaiki laporan tangah tahunan dan tahunan Lembaga Pengembangan Profesi sebagai masukan untuk atasan.
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Ketua LPPRO

IV. INDIKATOR KINERJA

  1. Mampu mengkoordinir dan melaksanakan kegiatan administrasi dan ketatausahaan di LPPRO.
  2. Mampu mengkoordinir dan melaksanakan kegiatan pedoman pendataan dan sistem informasi di LPPRO.
  3. Mampu mengkoordinir dan melaksanakan kegiatan laporan tangah tahunan dan tahunan Lembaga Pengembangan Profesi

V. WEWENANG SEKRETARIS LPPRO

  1. Mewakili Ketua LPPRO dalam setiap kegiatan ketika berhalangan hadir.
  2. Memberikan perintah kerja kepada bagian administrasi sesuai tupoksi kerja yang telah disepakati
  3. Memeriksa kelengkapan administratif, surat-menyurat dan ketatausahaan di LPPRO

VI. HUBUNGAN KERJA

Internal :

  1. Direktur dan Sekretaris Pascasarjana
  2. Dekan dan Prodi Fakultas Hukum
  3. Dekan dan Prodi Fakultas Ekonomi
  4. Dekan dan Prodi Fakultas Teknik
  5. Dekan dan Prodi Fakultas Pertanian
  6. Dekan dan Prodi Fakultas Filsafat
  7. Dekan dan Prodi Fakultas Agama Islam
  8. Ka. Biro, Ka. Urusan dan Ka. Bidang.

Eksternal :

  1. Membangun hubungan kerja dengan Instansi Pemerintah dan Swasta untuk kegiatan pelatihan.
  2. Membangun hubungan dengan Mitra sejenis dan perorangan untuk pelaksanaan kegiatan pelatihan (sebagai mentor).

 VII. KOMPETENSI

  1. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik
  2. Mampu bekerja dalam Team
  3. Memiliki Integritas yang baik
  4. Memiliki kemampuan administrasi dan ketatausahaan universitas.
  5. Memiliki Jiwa Pemimpin

VIII. PERSYARATAN JABATAN SEKTERARIS

  1. Berstatus sebagai pegawai tetap universitas.
  2. Berlatar belakang minimal S1 dalam lingkup Universitas
  3. Menunjukkan komitmen dan dedikasi yang tinggi terhadap Lembaga.
  4. Secara tertulis bersedia dicalonkan atau mencalonkan menjadi Ketua LPPRO.
  5. Ada Rekomendasi/Izin dari Rektor atau Lembaga.
  6. Berpengalaman dibidang administratif dan ketatausahaan universitas.
  7. Menunjukkan komitmen dan dedikasi yang tinggi terhadap Universitas dan Yayasan:
  8. Ada Rekomendasi/Izin dari Pimpinan Universitas / Lembaga.